“
”
Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapatkan penekanan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik
SOAL UN BIOLOGI 2017
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
AGAIN
BEDAH UN 2017
SOAL UN BIOLOGI 2017
- Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan
- Siswa mampu memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
- Siswa mampu memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya
- Siswa mampu memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi misalnya jaringanya meliputi apa saja dan bagaimana deskripsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
- Siswa mampu memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan pada manusia dan fungsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
- Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun karakter jenis kromosom
- Siswa mampu memahami dan menguasai - metabolisme sel mekanisme respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
- Siswa mampu memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang dipakai untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
- Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendel dengan penerapan perkawinan dihibridnya
- Siswa mampu memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin
- Siswa mampu memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup misalnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan baik dampaknya akibat polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang menyebabkan Eutrofikasi dengan dampaknya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzim cirinya , cara kerja dan percobaan nya dilaboratorium pada katalase dengan H2O2 nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang anabolisme, meliputi Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan kode genetiknya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - penyimpangan semu hukum Mendel pada peristiwa atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hereditas manusia pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , kasus lethal maupun lewat diagram pedigree nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - petunjuk/bukti-bukti evolusi dijelaskan 6 bukti evolusi misalnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang · Merancang percobaan bisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasil ditanya maupun urutan methode ilmiahnya
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidup baik tumbuhan dan hewan
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan dan dampaknya
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam-percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:-percobaan tentang transpor membran
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan metabolisme sel
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan bioteknologi
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- hereditas manusia dalam peta silsilah
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
- Dapat menunjukkan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
- Dapat menjelaskan fungsi dari bagian dari struktur bakteri
- Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam manusia
- Dapat menunjukkan contoh keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
- Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
- Dapat menunjukkan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada manusia
- Dapat menjelaskan fungsi bagian Organ mata/telinga tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi bagian organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya
- Dapat menunjukkan senyawa kimia/sifat kimia membran sel bagian tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
- Dapat menunjukkan struktur DNA/RNA yang tepat
- Dapat menentukan cara kerja enzim menurut teori lock and key/induced fit
- Dapat menjelaskan salah satu contoh bioproses produk bioteknologi konvensional
- Dapat menunjukkan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
- Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para ahli pencetus teori biogenesis
- Dapat menunjukkan peristiwa mutasi gen
- Dapat menunjukkan peristiwa mutasi kromosom yang mengakibatkan kelainan pada manusia
- Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
- Dapat menentukan peran cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
- Dapat menentukan ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan bakteri dan protista
- Dapat menunjukkan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
- Dapat menunjukkan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
- Dapat menentukan dalam menggolongkan tumbuhan lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
- Dapat menentukan dasar klasifikasi penggolongan tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
- Dapat menentukan ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
- Dapat menentukan ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari hewan Vertebrata
- Dapat menentukan proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
- Dapat menentukan peran komponen ekosistem dalam jejaring makanan pada satu contoh ekosistem
- Dapat menentukan proses suatu komponen pada aliran energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
- Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya
- Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan akibat bencana alam atau kegiatan manusia terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya
- Dapat menentukan proses mekanisme kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada manusia misal Fleksor ekstensor dengan gambar
- Dapat menentukan hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
- Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru saat proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada bagian tertentu misal di Glomerulus ada apa
- Dapat mengurutkan mekanisme penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada kejadian gerak refleks mis ada gambar atau narasi
- Dapat menentukan proses mekanisme menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
- Dapat menentukan tujuan salah satu proses imunisasi buatan misal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
- Disajikan proses yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan, siswa dapat menentukan gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema
- Dapat menentukan proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal mekanisme transport difusi atau osmosis dengan gambar
- Dapat menentukan perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan tentang pengaruh faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
- Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
- Dapat menentukan senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
- Dapat menentukan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek karena dalam kontraksi kurang O2
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
- Dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada bagan tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
- Dapat menentukan prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan monohibrid hukum Mendel maupun dihibrid
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan dihirida hukum Mendelmisal ditanya F2 nya
- Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan hukum Mendel dari kasus atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplementer misal perkawinan F2 nya bagaimana
- Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
- Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
- Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi menentukan kelompoknya
- Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang tepat atas kasus kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada masalah bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana
- Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah manusia
- Dapat menyimpulkan bagian organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil pemeriksaan klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
- Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan tumbuhan berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan
- Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan tumbuhan karena pengaruh faktor luarmisal dapat menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan mekanisme transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase karena pengaruh faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat
- Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan bakteri menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
- Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
- Disajikan peta silsilah persilangan hereditas manusia siswa dapat Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat manusia pakai peta silsilah
- Dapat menemukan satu contoh peristiwa pembentukan spesies baru (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
- Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari kasus perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier
AGAIN
BEDAH UN 2017
0 Response to "SOAL BIOLOGI UN 2017 HARUS SESUAI KISI KISI INI "
Post a Comment